Perbandingan Kamera : Nokia N8 vs Samsung Pixon12 vs Sony HX5

GSMArena mengadakan blind test kamera antara Nokia N8, Samsung Pixon12 dan Sony HX5, dan meminta pembacanya menebak-nebak.

Kamu masih ingat hasil test yang (mungkin) tidak fair yang dilakukan oleh situs engadget kemaren (baca: Nokia N8 vs iPhone 5 ), nah kali ini GSMArena mencoba membandingkan dengan fair, yakni hasil foto diberikan tapi tidak beritahu hasil kamera yang mana. Berikut hasil fotonya

FOTO 1 (Klik Untuk Memperbesar)

FOTO 2 (Klik Untuk Memperbesar)

FOTO 3 (Klik Untuk Memperbesar)

Nah tebakanmu manakah yang merupakan hasil foto Nokia N8, Samsusng Pixon atau Sony HX5?

Secara subjektif Foto C terlihat memiliki detail lebih baik dan lebih natural, sedangan foto A sedikit dibawah sementara foto B sedikit tertinggal dibandingakn foto A dan C…., mungkinkan foto A adalah hasil dari Nokia N8, foto B adalah hasil kamera Samsung Pixon12 dan Foto C adalah hasil Sony HX5 ??

Kalau itu benar, maka kamera Nokia N8 bisa dikatakan secara signifikan lebih baik dari Samsung Pixon 12 dan hampir setara kamera Digital.

KENAPA TIDAK DIBANDINGKAN dengan SONY ERICSSON SATIO??

Menurut saya walaupun satio mengungguli pixon12 karena memiliki gallery lebih baik, kecepatan (star-up, shoot, preview dll) lebih baik, video lebih baik, dan color rendering yang lebih baik, tapi dari segi kualitas gambar, hasil foto satio dibawah pixon (Referensi: Satio vs Pixon ). Oleh karena itu makanya pixon12 dipakai sebagai perbandingan.

Nokia N8 Memiliki Sensor Gambar Terbesar

Salah satu keunggulan kamera Nokia N8 adalah sensor gambar (image sensor) yang terbesar diantara ponsel kamera saat ini, bahkan lebih besar dari sebagian kamera digital yang ada di pasaran. Berikut perbandingannya:

  • Nokia N8 – 1/1.83″
  • Sony Ericsson Satio – 1/2.5″
  • Samsung Pixon12 – 1/2.5″
  • Nokia N86 8MP – 1/2.5″
  • Sony Ericsson Vivaz – 1/3.2″

Terlihat perbandingannya sangat signifikan…., jadi sangat wajar kamera Nokia N8 akan lebih baik dari Satio maupun Pixon12. Tapi kebenarannya baru kita bisa lihat setelah Nokia N8 telah beredar luas di pasaran.

Iklan

48 comments on “Perbandingan Kamera : Nokia N8 vs Samsung Pixon12 vs Sony HX5

  1. Tgl 10 Maret kmrn saya lihat harga N8, kstanya 2,965 juta waktu saya tanya asli, tapi waktu saya liat di kotaknya tertulis Made in China. Kira-kira itu asli benar , apa nggak ya mas. bagaimana cara ngecek itu asli apa replika.

  2. bung jangan di andalkan nokia??? Kalau menan nokia bagus mana mungkin terkubur hidup2. bung pakta yg bicara samsung sampai sekaran masih di atas angin. kalau sony masih banyak peminak benar atau salah pasar yg membuktikan.walau begitu saya peminat nokia tapi apa boleh buat nasib nokia meman begitu. wasalam saya ady dari aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s