Mini Review Nokia X5-01 | Compare dengan Nokia N82, E51 dan E63

Lebaran banyak yang punya hape baru nih……, kesempatan lirik sana-sini sapa tau bisa ngutak-atik hape barunya, eh ketemu mbak emmy dengan hape barunya nokia X5-01, dengan sedikit rayuan (sst…., jangan bilang-bilang istri saya) dan menjanjikan menginstalkan tabel periodik dan kamus bahasa inggris di X5-01nya, saya dikasi minjem hapenya.

MODEL dan DESAIN

Ini adalah daya jual dari nokia X5 (IMO), ponsel model sliding QWERTY vertikal cukup unik di pasaran. Sekilas bodinya tampak dari stainless seperti pada ponsel-ponsel e-series seperti Nokia E51, tapi kalo dipegang terasa plastiknya.

Dilihat dari belakang juga kinclong kaya stainless

Speakernya terletak di bagian bawah, dua speaker yang cukup bertenaga, maklum golongan XpressMusic.

Tombol volume terletak disebelah kanan bodi X5-01

Jack Audio 3,5mm terletak diatas bodi X5-01 bersebelahan dengan colokan USBnya, agak ribet makenya kalau dalam posisi sliding terbuka, tapi ga bakal jadi masalah berarti koq.

Spesifikasi Lengkap Nokia X5-01 bisa kamu temui disini: Spesifikasi Lengkap Nokia X5-01.

SEBERAPA HEBAT SIH KAMERA 5 MP Nokia X5-01 ??

Ada yang saya herankan dengan tanggapan masyarakat, kamera 5 megapixel X5-01 dipandang sangat wah…., padahal nokia X5-01 bukan lah ponsel kamera. Bukan berarti juga hasil kameranya buruk, karena hasilnya lumayan baik, hanya tidak sebaik ponsel 5 megapixel yang emang kategori ponsel kamera. Jikakamu pengen tau kualitas kamera X5-01 dibanding ponsel kamera yang beresolusi 5 megapixel lain, akan saya coba bandingkan dengan kamera nokia N82 saya (walaupun lensa kameranya sudah pernah kemasukan air, gpp-lah diadu).

FOTO OUTDOOR

Tampak foto outdoor nokia X5-01 (atas) tidak beda jauh dari nokia N82 (bawah) saya, warna hijau di hasil foto X5-01 tampak lebih terasa segar, mungkin karena lensanya masih baru. Tapi pribadi saya melihat hasil foto n82 lebih natural.

FOTO INDOOR

Hasil kamera dari Kamera Nokia N82 terlihat kelasnya, hasil jepretan Nokia X5-01 (atas) tampak lebih banyak noise ketimbang Nokia N82 (bawah), perbedaan akan tampak lebih signifikan jika cahaya makin redup atau bahkan malam hari.

FOTO CLOSE UP

Disinilah letak perbedaan paling signifikan, kamera X5-01 (atas) gagal menampilkan foto close up yang baik karena ketiadaan macronya, hasil superior justru diperlihatkan oleh nokia N82.

Oke….., nokia X5-01 boleh saja menyandang status kamera 5 megapixel, tapi kemampuannya jauh dibawah kamera 5 megapixel keluaran 2 tahun lalu yang sudah pernah kemasukan air. Jadi jangan terlena dengan kata 5 megapixelnya yah….., tapi saya rasa kalau sekedar dokumentasi di luar ruangan boleh lah diandalkan.

COMPARE dengan Nokia E51

Jika disejajarkan dengan nokia E51, ga kalah elegan koq, tapi casingnya bakal terlihat bukan stainless kalo dijejerkan kaya gini, jadi biar kesan stainless kelihatan, jauh-jauhkan deh dari nokia seri-e.

Tapi kalo fitur ya X5-01 diatas E51 secara general, terutama fitur musiknya, maklum E51 ponsel keluaran hampir 3 tahun lalu, tapi kalo masalah enterprise-nya sih E51 masih sulit ditandingi X5-01.

PERLUKAH UPGRADE Nokia E63 ke Nokia X5-01 ?

Nah, secara umum Nokia X5-01 memang lebih baik dari Nokia E63, hal itu tidak bisa dibantah, apalagi saat ini banyak pengguna Nokia E63 yang saya temui tertarik mengupgrade hapenya ke Nokia X5-01 ini, tapi layak kah? Jika uang bukan masalah buatmu, sebaiknya jangan membaca tulisan dibawah ini, tapi jika sebaliknya, silahkan terus dibaca. Baiklah, menurut opini saya….

  • Modelnya lah yang paling layak dijadikan alasan upgrade dari E63 ke X5-01. Entah kenapa cewe-cewe pada kesengsem pada modelnya yang kata mereka lucu dan imut.
  • Kemampuan musik X5-01 yang lebih unggul juga layak dijadikan alasan mengupgrade E63mu ke X5-01. Dedicated tombol musik, speaker dobel dan dedikasi software musik adalah kelebihannya dari E63.
  • Kamera 5 megapixel X5-01 walaupun cukup memberi perbedaan, tapi kamera X5-01 hanya pantas sebagai dokumentasi outdoor, padahal kalo sekedar dokumentasi outdoor, E63 sudah cukup juga. Peningkatan megapixel kamera bukan hal layak dijadikan alasan (walaupun emang lebih baik) kalau tidak disertai kemampuan yang baik untuk foto di indoor atau close up foto. Semua tergantung kamu.
  • Keypad justru suatu alasan untuk tidak beralih dari E63 ke X5-01, keypad E63 lebih empuk dan sedikit lebih lebar dari Nokia X5-01
  • Integrasi software yang khusus didedikasikan buat facebook dan twitter juga bisa jadi alasan kuat untuk mengupgrade nokia E63mu ke Nokia X5-01
  • Batre X5-01 yang sedikit lemah bisa jadi alasan untuk tidak jadi upgrade ke X5-01, tapi perlu kamu ketahui kalau manajemen power music playernya membuat X5-01 lebih tahan lama memutar musik ketimbang E63 yang batrenya jauh lebih besar.

Berikut foto perbandingan ukuran X5-01 dengan E63 yang saya ambil dari fotonya juragan “matasapi” di kaskus

Perbedaan Singkat Nokia X5-01 dan Nokia E63 bisa dilihat di tabel berikut

Lebih detail perbedaan E63 dan X5-01 bisa dilihat disini. Jika mau diskusi dengan komunitas pengguna X5-01 bisa maen kesini: kaskus X5 home

Jadi bagaimana keputusanmu, jadi membeli X5-01 atau tetap di E63 saja ? Mudahan sekedar coretan diatas bisa membantumu.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

65 comments on “Mini Review Nokia X5-01 | Compare dengan Nokia N82, E51 dan E63

  1. all,sya mnta info donk..kira2 dmn ya dwnload aplikasi SNS untk hp samsung? krena hp LG sdah intergated scra default smntara samsung hrus d dwnload tp sya gk tw dwnload dmn..thx

  2. Akhirrnyaaaa kebeli jua nie hp!!! Tapi ya ituuu… Kameranya kurang memuaskan! Tapi kalo video dapat diandalkan!

    Req: mbok sekali kali review aplikasi emulator hp mas!! Thanks!

  3. Behhh.. Ga salah ane mampir di site om adit.. Singkat padat lengkap.. Susah neh nyari yang kayak selengkap gini.

    Oia, om adit ada aplikasi phone guardian ga? Saya nyari susah.. Masa hp ane harus di hack dulu sih.. Tolong info om..

    Keep posting om.. Salam symbian

  4. 😀 dARi kualitas foto yg dihasilkan kamerax mana yg paling oke? Trus katax kamera dr pRoduk Sony ama Samsung lebi bagus drpd Noki@, sualx mRka jg mProduksi kamera digital. Apa bener??..

  5. halo om salam kenal ya…..tp aku tetap setia dgn e63 ku sob….dgn berbagai alasan yg tentunya membuatku memilih ini hp walaupun awalnya sempat melirik x5 he333 tp akhirnya dgn banyak pertimbangan dan dgn keputusan yg bulat jadi juga ke e63 sob oh iya sob btw kok akhir2 ini om postnya symbian ^3,android.maupun winmo,dan bb btw om tertarik nggak sama bada os….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s