Tugas Mahasiswa: Konvensional vs Online

Biasanya dosen memberikan tugas paper buat mahasiswa pasti dikerjakan di atas kertas kali ini saya coba cara online saja.

Jika dikerjakan dikertas, maka paper mahasiswa ujung-ujungnya cuma jadi bungkus kacang goreng, kalau saya suruh buat paper yang harus dipublikasikan via blog maka tulisan tersebut tidak hanya buat penilaian sang dosen, tapi bisa jadi berguna buat siapa saja yang membaca.

Walaupun masih jauh dari yang saya harapkan, tapi sebagai permulaan tentu masih bisa dimaklumi. Walau sebagian saya lihat masih kopi paste dengan sedikit kata-kata mahasiswa tersebut, tapi karena tema tulisan adalah “matematika populer”, tidak bisa saya salahkan banget, apalagi bobot tugas ini masih kecil, mudahan semester depan bisa saya manage lebih baik.

Dan pemegang nilai tertinggi untuk tugas paper kali ini seperti saya duga adalah runner up kompetisi nge-blog se pulau lombok tahun 2010, well tulisannya saya pastikan original, dimana dia mengkaitkan facebook, twitter dan plurk dengan teori graft di matematika dengan judul MATH in FACETWITPLURK .

Penilaian saya berikan dengan bobot 50% dari materi, 30% dari jumlah pembaca tulisan tersebut, dan 20% dari jumlah orang yang menyukai tulisan mereka (like). Dari 10 hari penilaian ternyata 1 tulisan tembus 1047 pembaca (105 pembaca tiap hari), dan 2 tulisan mendapat 32 like. Berikut hasilnya (klik untuk membaca):

  1. Math in Facetwitplurk dengan 1047 pembaca dan 32 like
  2. Teori Permainan dilemma Tahanan dengan 998 pembaca dan 15 like
  3. Uniknya Matematika dengan 439 pembaca dan 32 like
  4. Our Id is Mathematic Beauty dengan 416 pembaca dan 20 like
  5. Membaca Pikiran dengan Matematika dengan 375 pembaca dan 12 like
  6. Matematika dalam Permainan Poker dengan 282 pembaca dan 19 like
  7. Matematika Mengharamkan Judi dengan 213 pembaca dan 18 like
  8. Misteri dibalik Angka dan Operasinya dengan 175 pembaca dan 14 like
  9. Matematika Fraktal pada Batik dengan 122 pembaca dan 20 like
  10. Nyatakan Cintamu dengan Matematika dengan 119 pembaca dan 15 like

Tulisan lainnya bisa kamu lihat di blog milik keluarga mahasiswa matematika universitas mataram: GAMATIKA ZONE

Bagi Mahasiswa Saya, Nilai Akhir Mata Kuliah Seminar adalah sebagai berikut:

nilai seminar.PNG

Tulisan dibuat via nokia e51

19 comments on “Tugas Mahasiswa: Konvensional vs Online

Tinggalkan komentar