Review Exclusive XP TOUR 9600 QWERTY+TV


XP 9600 diantara smartphone symbian, Nokia e71, e51, e50, n82 dan 5320

Akhirnya saya membeli ponsel QWERTY yang mendukung TV, yakni Tour 9600 yang dikeluarkan XP mobile, mumpung piala dunia 2010 sudah dekat ceritanya. Pilihan pada XP 9600 jatuh dengan berbagai pertimbangan. Setelah beberapa minggu bersamanya, saya sempatkan membandingkannya dengan Blackberry (yang beneran), iPhone, E71, E63 dll…., hasilnya saya beberkan disini.

BOX XP 9600

Box dari XP 9600 tampak sangat biasa, yang menarik adalah ponsel ini dlindungi oleh asuransi (selain garansi), dalam keterangan didalam surat asuransinya, sinar mas akan menganti jika xp 9600 saya rusak karena jatuh sampai hilang dicuri maling, hal ini jelas tidak dilindungi oleh garansi pabriknya. Yang cukup tragis, ponsel ini benaran konslet lalu mati total karena kesalahan saya sendiri (terlalu semangat ngopreknya), dan asuransi benar-benar bisa diklaim, toko pun mau langsung mengganti dengan yang baru (padahal seharusnya saya musti ke sinar mas mengklaim asuransi). Asuransi ponsel saya bahkan tetap berlaku setahun kedepan!! Ga mungkin terjadi kalo saya beli ponsel branded macam nokia atau iphone atau blackberry. TWO THUMB UP!!

Setelah membuka box saya mendapatkan handset 9600, 1 buah batre (padahal saya harapkan ada dua), satu buah earphone, memori 2gb, kabel pendek jack audio 3,5mm (bingung saya gunanya untuk apa), charger sekaligus kabel data, buku petunjuk, kartu garansi, dan karti asuransi (so jadi garansi berbeda degan asuransinya, artinya ponsel saya dapat DOBEL PROTEKSI).

DESAIN XP 9600

Yup, sempat pusing memilih ponsel QWERTY+TV, yakni yang berdesain orisinal SPC BOSS 4000, desain ala HTC SNAP pada XP 9600 atau desain ala Blackberry di Timobile E88. Desain ala HTC lah yang cukup menentukan saya dalam memilih XP 9600 dengan faktor tombol QWERTY yang (saya pandang) lebih mudah dipake ngetik, dan saya rasakan tombolnya emang enak dipakai.

Berikut desain XP 9600 tampak dari depan, desainnya mirip dengan HTC SNAP, salah satu faktor kenapa saya memilih ponsel ini ketimbang QWERTY lainnya. Kemudian dibawah layar berukuran 2,2 inci tampak trackball ala blackberry ditemani 6 tombol utama, ada 2 soft key (kiri dan kanan) tombol pintas ke TV, tombol end call dan 2 tombol call (untuk sim 1 dan sim 2). Yang sedikit diluar sense, softkeynya tidak simetri, dimana softkey kiri adalah yang bergambar rumah dan softkey kanan dikanan tombol TV, hal itu cukup membuat saya salah pencet, tapi saya akan terbiasa koq.

Kemudian disamping kanan dari atas ada jack audio 3,5mm, tombol volume (plus dan minus), dan tombol shutter kamera dan colokan micro USB

Sementara di samping kanan hanya ada lubang untuk gantungan…., selebihnya tampak polos

Dari tampak lubang kecil yang saya tidak tahu gunanya, jika charger nokia saya masukkan sih bisa tapi saat saya colokin chargernya ke listrik, ponsel langsung matot (tidak disarankan ditiru). Dugaan saya lubang diatas untuk ke antena external, tapi who knows…..

Sementara dibawah diletakkan antena, terus terang ini sedikit diluar ‘sense’ saya, mestinya ya antena diletakkan diatas. Awalnya saya agak tidak nyaman akan hal ini, tapi akhirnya saya melihat keuntungannya, saat saya memegang ponsel untuk nonton TV, berhubung antena pasti dekat dengan tangan saya, daya tangkapnya lebih jelas. Pengalaman saya, ponsel TV yang pernah saya oprek, saat nonton TV, agar tangkapannya lebih baik kita kadang perlu menyentuh antenanya (serupa dengan TV LG kakak saya yang menggunakan antena indor!!

Sementara dibagian belakang terletak loudspeaker dan kamera 1,3mpx beserta lampu lednya

Setelah kita buka back covernya tampak batre berkekuatan 1000 mAh, tipe batre diklaim BL-4U, saya menduga kompatibel dengan batre nokia, semisal Nokia 3120c, 5530 XM, 5730 6600 slide, 6600i slide, 8800, E66, dan E75. Tampak slot kedua SIM bertumpuk, dibagian atas adalah SIM1 dan bagian bawah SIM2. Slot microSD juga disini sehingga bisa disimpulkan tidak Hot SWAP.

AUDIO

Kali ini akan saya konfrontasi kemampuan audio XP 9600 dengan salah satu produk berlabel XpessMusic, yakni Nokia 5320 XpressMusic.

Jika venera voyager v1 yang saya uji sebelumnya punya kualitas musik pada speaker lebih baik dari Xpress Music, maka XP 9600 tidak tampil sebaik v1, saya merasakan speaker XP 9600 masih dibawah Nokia 5320 milik saya saat menlantunkan lagu online milik saykoji. Tapi saat saya menggunakan headset orisinal 5320 pada kedua hape ini, perbedaannya tidak signifikan di telinga saya. Memang nampaknya daya jual XP 9600 tidak pada sektor musik, tapi kalo sebagai hiburan saat bosan di jalan sudah cukup bagi saya. Kalau saat dirumah atau dikantor, tinggal colokin ke speaker aktif saja biar mantap.

TV

Bagaimana dengan kualitas TV XP 9600? Saya mencoba memperbandingkannya

XP 9600 vs HT H382


Saya coba uji kualitas tangkapan TV XP 9600 dengan ponsel yang dulu terkenal sebagai salah satu ponsel TV yang baik daya tangkap TVnya, yakni HT H382. Dan hasilnya kualitas TV sama baiknya, tapi kejernihan layar XP 9600 membuat sedikit perbedaan disini, bisa kita lihat di foto yang saya ambil diatas saat menangkap siaran SCTV di dalam ruangan lantai dasar lab komputer universitas mataram.

Sangat berguna saat mati lampu dirumah, saya jadi tidak ketinggalan nonton race pertama moto GP dimana yamaha finish 1-2, menempatkan valentino rossi sebagai jura dan jorge lorenzo sebagai runner up. Saya emang suka menonton moto GP, juga F1, dimana aksi sebartian vettel tidak inin saya lewatkan.

Dan yang pasti saat mati lampu tidak akan ketinggalan pertandingan sepakbola favorite saya, dari Indonesia Super League, dimana Arema adalah tim jagoan saya, lalu liga inggris dimana perebutan juara oleh chelsea, manchester united, dan arsenal semkian memanas, dmeikian juga liga itali dan liga spanyol…., tidak mungkinsaya lewatkan aksi lionell messi, christian ronaldo, ataupun samuel eto’o

Dan emang pembelian XP 9600 ini faktor utamanya adalah untuk perhelatan piala dunia 2010 di afrika nanti….., jaga-jaga lampu mati atau lagi dijalan. Biar tidak terlewatkan satupun aksi bintang-binang dunia berlaga.

DAYA TAHAN BATRE

Bagaimana dengan daya tahan batre? Saat saya lagi nunggu bapak saya yang opname di ruang opname, kebetulan bapak lagi tidur, saya berkesempatan menonton balapan F1 di Cina yang dimenangkan oleh Jenson Button, Dari batre full, nonton 2 jam nonstop, batre bisa bertahan sampai 2 bar (fullnya 4 bar). Artinya ponsel siap untuk nonton 1 pertandingan full sepakbola di piala dunia besok jikalau mati lampu di mataram.

BLACKLIST YANG TOP

Luar biasa !! Itu yang bisa saya katakan tentang fitur blacklist XP 9600, sangat kaya fitur dan unik.

Pertama-tama ada fitur blacklist/fire wall terdiri dari dua fitur utama, yakni telpon masuk firewall dan sms firewall

Telpon masuk firewallnya bisa dibedakan untuk kartu pertama dan kartu kedua. Luar Biasa !!

Ada red list dan blacklist…., jarang ada seperti ini !! Thumb Up !

Nah…., ini sangat luar biasa, metode penolakan tepon bisa 4 macam, indikasi sibuk (jadi yang nelpon merasa anda lagi sibuk nelpon), indikasi ditolak (yang menelpon merasa panggilannya ditolak), indikasi hape mati (nah yang nelpon akanmenyangka hape anda lagi mati), dan indikasi nomer anda tidak ada (yang nelpon akan menyangka nomer anda sudah hangus). Mantap kan !?!

Yang hebat lagi, bisa dijadwal kapan penolakannya, misal kamu hanya memblacklist saat malam saja.

Sementara pada firewall sms saya tidak temukan sesuatu yang menarik, standar saja.

SETTING GPRS YANG MUDAH

Mensetting GPRSnya sabgat mudah, di submenu Service pilih saja WAP

Lalu pilih kartu mana yang diseting GPRSnya

Setelah itu pilih setting

Lalu pilh profile

Lalu pilih deh operator yang kamu gunakan

Sangat mudah kan…..

INTERNET, FACEBOOK, CHATING, dan GOOGLE MAPS

Maen internet cukup cepat, tidak kalah cepat dengan internetan di E-series saya (dengan EDGE), buka blog saya cepat koq

Buka berita sport juga asik

Buka facebook juga ga masalah, update status mudah…

Komentari status teman

Ebuddy juga lancar juga

Dengan ebuddy bisa chatting facebook dan yahoo

Google maps juga bisa loh….

Peta lombok dibuka dengan cepat

Jalan-jalan di kota mataram tampak jelas di layar 2,2 inchinya

SETTING EMAIL YANG MUDAH

Menyeting email sangat mudah di XP 9600, walaupun fitur emailnya belum setara ponsel symbian saya

Tentu saja kamu musti menseting akunmu terlebih dahulu

Yang jelas kamu musti sudah punya email


KAMERA XP 9600

Kamera XP 9600 ditulis 1,3 Mpx, tapi saya merasa hasilnya kurang bisa diandalkan, hasil foto terlihat agak buram. Tapi bagaimana jika diadu dengan kamera ponsel Nokia E50 saya yang berkekuatan setara? Mmm….., bisa dilihat langsung saja hasilnya, saya sertakan hasil kamera Nokia E51 yang berkekuatan 2 megapixel juga.

Hasil foto outdoor XP 9600 ternyata sedikit menipu, jika saya amati di layar ponsel yang sama maka hasil foto 9600 tampak lebih manis, bahkan jika dicetak di kertas ukuran 4×6 atau mungkin 2R, kita bisa cukup pede karena hasilnya terlihat lebih mantap dari kamera E50 yang sama-sama 1,3mpx, bahkan dibanding kamera E51 yang 2 mpx. Tapi hal berbeda kalo kita lihat di layar PC atau saya cetak di kertas berukuran lebih besar dari 2R, hasil foto 9600 tampak kurang baik. Download Foto

Kualitas kamera XP 9600 juga kurang bisa diandalkan untuk memfoto didalam ruangan, walaupun bila saya bandingkan dengan kamera E50 atau E51, hasil foto XP 9600 secara mengejutkan tidak banyak noise seperti E50, bahkan dibanding kamera Nokia E51 yang setingkat diatas, noisenya tidak kelihatan. Bahkan jika kita lihat di layar hape N82 saya, nampak hasil foto XP 9600 kelihatan lebih baik dan tak kelihatan ada noise. Sementara di layar laptop saya, walau memang noisenya juga jauh lebih sedikit, tapi seperti foto di outdoor, hasilnya tidak sebaik E50 atau E51, walau jika dicetak di kertas dibawah 2R, tidak malu-maluin, dan tampak lebih manis. Download Foto

Kesimpulannya, hasil kamera XP 9600 belum bisa diandalkan, bahkan cenderung jelek, tapi untuk sekedar pemanis sebagai wallpaper ponselmu hasilnya cukup membanggakan karena tampak lebih baik dari ponsel branded macam nokia E51 yang resolusinya lebih besar.

MENU

Bagaimana, dengan menunya, XP 9600 menunya tampil dalam icon 4×3. Icon seperti kurang serius dibuat, tapi saya rasakan masih lebih baik dari kebanyakan ponsel cina QWERTY.

Berikut submenu file managernya, phone memorynya lega…

Ini adalah submenu phonebook, ada caller picturenya

Submenu fun and games, hape ini mendukung java multitasking

Submenu extra, ada mesin penjawab otomatisnya

Submenu message, emailnya cukup memuaskan


Submenu call bluetooth

Submenu service, untuk mensetting gprs silahkan diset di WAP

Submenu multimedia, ada perekam siaran FM secara terjadwal (otomatis)

Submenu setting, blacklist bisa ditemukan di security setting

GALERI

Pada galeri ini akan saya perbandingkan XP 9600 dengan berbagai hape, dan ulasan yang saya berikan murni dari sudut pandang “ketersediaan hiburan”, dan hiburan yang saya kategorikan disini adalah kamera, musik, radio, game, internet, dan TV. Dan sedikit ulasan tentang modelnya…..
Saya tau pasti banyak yang protes tentang pandangan saya dibawah, tapi saya cuma melihat kelengkapan hiburan, bukan yang lain loh. Jadi kalo saya bilang ternyata unggulan XP 9600 bukan berarti benar-benar unggul, tapi unggul dari suatu sudut pandang aja. Karena pada dasarnya ponsel yang saya bandingkan levelnya diatas XP 9600.

XP 9600 vs Nokia E71

Dari bodi desain jelas XP 9600 ga kalah keren dari E71, wong desain niru HTC Touch. Kualitas bahan lah yang jadi pembeda disini, dimana E71 superior dalam hal materialnya.

Jack Audio 3,5mm di samping XP 9600 jelas sekali lebih berharga dibanding jack audio 2,5mm E71, dengar lagu di XP 9600 tinggal tancap di speaker aktif

Kover belakang XP 9600 tidak semerenteng E71.

Tampilan wallpaper yang tidak full membuat E71 terkesan kurang cantik dibanding XP 9600, jadi masalah tampilan home screen lebih asik di XP 9600 karena foto kita pasti tampil full. Layar XP 9600 tidak kalah jernih dibanding E71

Mari kita lihat dari kelengkapan hiburan kedua ponsel:

Jadi bisa dikatakan XP 9600 lebih komplit fitur hiburannya.

XP 9600 vs Nokia E63

Saya coba bandingkan lagi dah dengan QWERTY lain dari Nokia, yakni E63

Dari desain lagi-lagi saya katakan tidak kalah keren XP 9600 jika dibandingkan Nokia E63, seperti E71 hanya kualitas bahan lah kalahnya XP 9600.

Kedua ponsel sama tipisnya, jadi nyaman digemnggam.

Pembedanya adalah ukuran E63 lebih lebar dari XP 9600.

Layarnya juga sama tajam, tapi wallpaper full di XP 9600 bisa jadi nilai lebih

Mari kita lihat dari kelengkapan hiburan kedua ponsel:

Lagi-lagi XP 9600 unggul kelengkapan hiburan

XP 9600 vs Blackberry Curve 8320

Iseng-iseng bandingkan desainnya dengan Blackberry Beneran, yakni tipe Curve 8320

Desain XP 9600 tidak kalah keren kan? Ada kasus menarik…., saya coba tanya ke 5 orang mahasiswa saya yang gaul (ngerti merek-merek ponsel), mana hape yang lebih keren dari foto diatas, komentar awal mereka sama-sama mirip, “Yang merah blackberry beneran kan pak, trus yang hitam blackberry cina kan? Jelas kerenan blackberry ” Jadi kelima mahasiswa saya setuju 100% kerenan blackberry. Tapi saat saya tanya ke 5 orang mahasiswa saya yang kutu buku (baca: ga ngerti hape), 3 menunjuk kerenan XP 9600 dan 2 menunjuk kerenan Blackberry. Saya heran akan hasil itu, tapi saya duga faktor “brand (merek)” kadang mempengaruhi penilaian (subjektif), sehingga 5 mahasiswa yang pertama menjawab karena mereka ngerti blackberry keren dan hape cina terkenal jelek, jadi saya simpulkan sementara bahwa penilaian 5 mahasiswa kutu buku saya lebih objektif a.k.a. kedua hape sama keren.

Curve 8320 tampak lebih tebal walau tidak sepanjang XP 9600

Layarnya sama jernih koq….

Mari kita lihat dari kelengkapan hiburan kedua ponsel:

Disini XP 9600 malah ungul dalm kelengkapan hiburan, cukup telak malahan.

XP 9600 vs iPhone 2G

Nah bagaimana jika dibandingkan dengan iphone yang sangat fenomenal itu?

Yang jelas dimensi iphone lebih besar dan lebih berat ketimbang XP 9600.

Iphone lebih tipis

Sebenarya modelnya sama keren, tapi kalo saya survey di mahasiswa yang kutu buku (dengan alasan seperti yang saya katakan di tulisan tentang blackberry curve 8320 diatas ini), dari 5 mahasiswa, 3 bilang kerenana iphone, dan 2 kerenan XP 9600.

Tapi coba kita lihat dari kelengkapan hiburannya yach…

  

iphone 2G

XP 9600

Ulasan

Kamera

Ada

Ada

Selama hasil foto ditampilkan di layar ponsel, XP 9600 tetap tidak tampak kalah kualitas

Internet

Ada

Ada

Sama-sama ada wifi, sama-sama Ga bisa 3G, jadi seimbang dari segi kecepatan

Musik Player

Ada

Ada

Tidak perlu diragukan lagi kualitas iphone lebih unggul, tapi jack audio 3,5mm iphone kurang kompatibel.

Radio

Tidak Ada

Ada

Disini Tidak perlu dipertayakan keunggulan XP 9600

TV

Tidak Ada

Ada

Disini Tidak perlu dipertayakan keunggulan XP 9600

Game

Ada

Ada

iphone terkenal gamenya bagus grafiknya.

 

Lagi-lagi masalah kelengkapan hiburan XP 9600 lebih unggul…

XP 9600 vs HT G30

Nah bagaimana jika dibandingkan dengan ponsel Blackberry Wannabe lainnya, kali ini saya coba bandingkan dengan geerasi pertamanya, yakni HT G30

Kalo dari fitur, XP 9600 (sebelah kanan) unggul mutlak disini, jadi saya hanya lihat dari desainnya. Bisa kamu lihat bahwa XP 9600 lebih oke desainnya ketimbang HT G30, bahan casing XP 9600 pun lebih berkualitas, tombol-tombolnya juga lebih enak ditekan XP 9600.

XP 9600 (sebelah atas) juga lebih tipis dan lebih ringan, dijamin lebih nyaman megang XP 9600.

XP 9600 vs HT G33

Saya tertarik membandingkannya denga ponsel wifi terbaru keluaran HT, yakni HT G33.

HT G33 terasa lebih berat, trackpad pada G33 kurang nyaman bagi saya, setting-setting GPRS di G33 juga lebih merepotkan ketimbang di XP 9600. QWERTY XP 9600 juga lebih empuk dan nyaman ditekan.

XP 9600 juga lebih tipis dari HT G33

Entah kenapa walau layar sama-sama QVGA tapi layar XP 9600 tampak lebih jernih dan tampil lebih menarik.

XP 9600 vs Nexian G552

Ga sengaja nemu Nexian G552 yang dibundling telkomsel, jadi saya ambilkan fotonya sebagai pembanding bagi kamu. Yang jelas tombol QWERTY XP 9600 lebih lega dan lebih enak ditekan.

Bodi Nexian tampak lebih mini, tentu konsekuensinya tombol QWERTY lebih rapat dan kecil.

XP 9600 ternyata lebih tipis…..

AKHIR KATA

Bisa dikatakan XP 9600 adalah ponsel yang sangat lengkap fitur hiburannya, dimana desainnya cukup keren dan tidak pasaran seperti model blackberry cina lainnya. Mudahan review saya bisa membantu memutuskan membeli hape ini apa tidak.

Iklan

112 comments on “Review Exclusive XP TOUR 9600 QWERTY+TV

  1. Ping-balik: Beyond C7 | Empat Kartu On Cuma 700rb « Blognya Adit38

  2. Ping-balik: Indonesia vs Filipina | Saat Hape Cina Saya Lebih Berguna dari Nokia Saya « Blognya Adit38

  3. Ping-balik: Review XP SEXY | Ponsel TV Paling Sexy « Blognya Adit38

  4. Ping-balik: HT M18 Ponsel Musik Dengan SIM Hotswap | Niru Fitur Nokia C2 Nih « Blognya Adit38

  5. Mnurut saya brlebihan..
    tntang hp xp 9600..
    bnyk ponsel cina yg bgus2 tdk hnya xp 9600..
    jauh bgt klw di bndingkan
    sma e63,e71 .iphone bb dll..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s