Fakta Tentang Virus Symbian s60v3

Mungkin kamu sering dapat informasi tentang berbahayanya memiliki ponsel symbian, karena virus bisa merusak ponselmu, demikian juga informasi bahaya dari vendor-vendor antivirus. Ya memang kondisi tersebut sangat berbahaya !!

Tapi….., berbahaya yang saya maksud adalah kekhawatiran dan ketakutan dari kalian para pengguna ponsel symbian s60v3 atas virus tersebut! Ya benar, kita tidak perlu khawatir dengan virus yang merusak sistem ponsel s60v3 kita, karena tidak ada virus seperti itu !! Ingat disini saya tidak mengatakan bahwa virus atau mallware itu tidak ada, yang ingin saya katakan adalah kita tidak perlu khawatir atau panik bahwa OS symbian rentan terhadap virus atau mallware seperti yang dialami window (PC).

FAKTA SEDERHANA

Fakta 1 : Tidak mungkin seseorang atau sesuatu bisa mengirimkan virus ke ponsel symbian s60v3 mu tanpa kamu ketahui !!

Fakta 2 : Virus Symbian (s60v3) yang pernah kamu dengar, tidak benar-benar beredar. Kebanyakan virus atau mallware tersebut hanyalah “konsep” yang dikemukakan oleh para pembuat anti virus (yang pastinya menginginkan kamu percaya kamu bahwa kamu perlu membeli anti virusnya).

Fakta 3 : Mustahil (kalaupun ada) virus yang membuat smartphonemu tidak berguna. Walaupun kamu sengaja menginstall virus ke ponselmu, mallware tersebut tidak mungkin bisa mengganggu OS dan aplikasi di ROM, yang berarti kamu bisa selalu menghapusnya dengan meng”hard reset” hapemu (menekan *#7370# ato menekan tombol “dial”+”*”+”3” saat menghdupkan ponselmu).

PALING PARAH CUMA JADI PERANTARA

Virus yang sering kamu temui di ponsel sebenarnya adalah virus komputer, sehingga saat kamu colokin ponselmu ke PC, anti virusmu mendeteksi adanya virus di ponselmu. Artinya ponselmu hanya sebagai “pembawa” virus, jadi ponsel java pun bisa terkena virus ini. Tapi pernah saya menemui virus perusak MP3, jadi virus tersebut merusak semua file MP3 di nokia 3110c (java loh) saya…. Tapi selama ponsel symbianmu kamu koneksikan dengan PC dalam mode PC Suite, maka virus semodel tersebut tidak merusak file MP3 atau sejenisnya, karena Nokia 3110c saya itu virusnya mulai bekerja saat saya mencolokkannya ke PC dalam mode flashdisk. Tapi ingat…, tidak mungkin merusak sistem.

Disamping itu aplikasi yang boleh mengakses system Sistem Operasi Symbian harus dapat ijin dari symbian foundation, juga setiap aplikasi yang mau diinstal di ponselmu pasti meminta ijinmu (termasuk virus), bahkan jika aplikasi itu tidak dapat dipercaya, pasti kamu harus memberi ijin sebelum apikasi itu bisa terinstall (lihat gambar dibawah).

Dan jika palikasi tersebut mau mengakses sistem (network, konektifitas, sms dll) pasti minta ijin kamu juga (lihat gambar dibawah)

Untuk ponsel symbaian terdahulu memang ada virusnya, seperti cabire

Tapi tenang saja…., kalo ponselmu symbian s60v3 keatas aman koq….

sumber

Tapi kalau kamu khawatir kamu bisa mendownload antivirus berikut (password seperti biasa)

Kaspersky
download kaspersky
download cara install

Tapi saya rasa kamu hanya memberatkan sistem ponsel symbianmu dengan menginstall aplikasi antivirus ini

Iklan

106 comments on “Fakta Tentang Virus Symbian s60v3

  1. Ping-balik: Pakai BB Lebih Hemat dari Nokia? Lagi-lagi Masalah Nokia vs BB « Blognya Adit38

  2. tambahan ,,symbian s60.v1, v2.. gak perlu anti virus bang,, masuk aj di fileman ato xplore, delete lgsg virusxa.. tp folder apps rename k app.. restart, rename k apps lg.. pokoknya gk kuatirlah..

  3. Benar kata Mas Adit..Orang terlalu parno sama virus,,padahal cukup jangan nyalain bluetooth kalo gak dipakai,,jangan terima bluetooth sembarangan,install aplikasi sembarang (buat yg hobi kudu back up data dulu,,kalo terjadi apa2 tinggal hard reset)…jadi gak usah install antivirus yg bikin lemot.. W salut ama blog ini,,luar biasa ,,lengkap… Dan pola pikir pembuatnya (Bro Adit) juga bagus..Bisa jadi rujukan orang yang ingin lebih jelas..

  4. Hahaha. Benar bro. Pandangan bro Adit kritis dan cerdas,jadi kelebihan dan kekurangan suatu produk atau promo di ulas di blog ini ..Jadi melatih kita lebih cerdas menyikapi trik2 operator atau vendor. Hehehe. Salut buat Bro Adit.

  5. Gak Pa2…justru ADANYA preferensi membantu orang membuat keputusan.. Kalo nantinya orang tersebut setuju atau gak yah terserah orangnya lah..Yang penting kita sudah berusaha membantunya dengan knowledge kita…..^^

  6. Baaaagus, seeetubuh eh, seetuju!! Saya juga sependapat dengan artikel kamu bro. Seumur2 saya pake S60v3 belum pernah sekalipun ketemu virus. Malahan pernah saya coba cari virus, dan dapet, aku install di HP temen (s60v2) langsung terinfeksi. Tapi setelah aku install di HP-ku S6v3 (Nokia E71), malah HP-ku bilang “Applocation not support”. Bhahaha… Kasihan tuh virus ga mempan..

  7. iya mas adit, saya setuju bgt ama anda, saya juga menyarankan temen2 buat menghapus aja antivirusnya, menghabisin drive C dan D aja 😀

    @zadad, wah saya mau ikut2an dirimu ah ,wkwkwk :p

  8. satu hal yang saya sanksikan dengan artikel argumen Anda ini.. kedepan pasti ada karakter maleware yang seperti karena bagaimanapun juga bad guy is winner

  9. tapi hp koq kyak kena virus gitu, hpku suka panas sendiri kyak lg 3G-an pdhal aku gk apa2in’ and batreinya jdi lebih cepat low, cuma setengah hari doank, oya KMS emng gk bsa di andelin, krna dia gk detek apa2.internet jg kagak bisa konek gara2 kejadian itu, kyak di blok firewall. adu gmna ni? btw hp aku e63.

  10. Fakta memang smua virus yg ada gak jalan d hpmu tp jalanya d k0mputer! Fakta lg kalau ada antivirus d hpmu terus nemuin virus, brarti itu virus k0mputer, dan hanya bs jalan d k0mputer! Fakta lg q punya hp symbian, tiap ada hp yg nyalain blutut maka akan di krim 3 file ini: love.mp3 sex.jpg tapi file ini d hp manapun filenya tidak di ketaui dan yg satunya aku lupa! Pdahal hp mati tp batre masi ada, k0k bs ngrim? Gak ngrim kalau batre abis ataupun d lepas! Pdahal blutut sya gak nyala l0h! Fakta lagi, hp symbianku uda lma gak q pake, terakir kali wak2 q pake sek0la, ngrim file ke anak” dan q malu, krn d kira aku suka liat gtuan! Fakta aja ni q gak ngerti kenapa hpku gak bs! Apa mungkin ada virus kusus hape symbian(bukan virus k0mpute) soalnya hp tmenku(jg symbian) stela mnerima file dariku jg sifatnya sama! Uda q format dr komputer tp tetep aja ngrim!

  11. Mas Adit,hp sy symbian s60v3 sering dicolokin ke laptop yg kena virus recycler, jadinya sekarang c hape gag bisa masuk ke menu n sering nge-hang,itu gara gara virus bukan? trz harus diapain yah donk Maz?? 😦

  12. Semarak nich blognya mas adit38. Jadinya kayak forum beken ya mas…
    Tips saya tentang masalah yg sedang dibahas ini:
    Khususnya Symbian OS:
    1. Biasakan meng-copykan nomor hp yg udah disave di phone memory ke directory SIM. Karena di ponsel Symbian OS gk ada opsi penyimpanan langsung ke kartu SIM .
    2. Atur settingan Bluetooth agar dalam posisi hiden(tersembunyi). Ini penting,sebab adanya data masuk ke perangkat ponsel karena alamat bluetooth kita terbaca oleh perangkat bluetooth lain. Cuma dalam kondisi ini,ponsel kita hanya bisa kirim data tapi tidak bisa terima data(savety mode).
    3. Biasakan ponsel direstart. Semakin sering semakin bagus efeknya. mengingat ponsel yg beroperasi system symbian itu systemnya open(terbuka). Sama seperti System Operasi yg diterapkan PC pada umumnya. Kita sama2 sepakat bahwa setiap kita menginstall aplikasi/software baru pada PC biasanya setelah proses penginstalan finish keluar opsi “restart komputer sekarang atau nanti?”. Ini bertujuan untuk menata ulang data2 yang ada di PC plus update registry baru di PC. Intinya Restart itu bertujuan untuk penyegaran/refresh buat perangkat baik itu PC or Ponsel symbian OS.
    4. Satu hal lagi,refresh/restart sangat dianjurkan mengingat sudah terlalu lama ponsel kita diberi tugas2 dan penambahan data. Apalagi multi tasking(membuka banyak aplikasi pada waktu yg bersamaan). Ini melelahkan makanya ponsel butuh refresh.
    5. Ada satu yg bisa men-delete file yg dianggap virus yaitu SELEQ atau nama lainnya Systemexplore. Caranya buka apps ini-masuk ke drive C(memory ponsel). Buka folder system-apps. File virus tsb ada di bagian paling bawah di luar folder. existensinya adalah (.exe). Arahkan ke file tsb. Buka opsi property,dan sekarang perhatikan!! Filenya diproteksi. Tekan tombol tengah untuk membuka proteksinya. Setelah itu kembali. Baru bisa didelete gunakan tombol “C”.
    5. Aduh,… pusing juga menjelaskannya mas. Saya yakin pasti banyak yg mengkerut jidatnya pas ngebaca tips saya ini. Tp saya yakin,yg sudah lihai mengopersikan ponsel OS.Symbian gk akan kesulitan mengikuti step by stepnya. Memeng tidak semua file virus yg bisa dihapus aplikasi ini.

    File eksistensi EXE itu adalah eksistensi buat PC,jd bukan ponsel. Hanya saja karena dibuat sedemikian rupa sehingga keberadaannya di ponsel kita berakibat mengganggu system kerja program ponsel.
    Senang sekali bisa berbagi dgn sesama. Tapi saya tdk tahu bagaimana caranya agar mudah dicerna dan dimengerti oleh yg baca mas. Saya seorang teknisi ponsel. saya sudah biasa berurusan sama virus di ponsel.. Demikian dulu ya mas,kalo mau lebih jelas e-mail saya selalu terbuka buat teman2 yg membutuhkan saya.
    Thanks for this room mas adit. Success,always for you.
    saya harap suatu saat nanti mas adit bisa memiliki satu forum besar dan komunitasnya orang2 yg haus akan ilmu khususnya technology,dan mas adit sebagai bigbosnya,amiin….
    salam,saya selalu dukung mas adit38… Saluuut…..

      • Pengennya sich gitu mas. Sementara ini saya pengen ikut nimbrung aja dulu di blognya mas adit,sambil belajar juga. Semua komentar pengunjung blog ini saya baca dengan seksama,dan saya suka. Jika ada pertanyaan yg mungkin bisa saya jawab,akan saya bantu. Itupun kalo mas Adit gk keberatan,he he he… Sebab bagaimanapun,pada intinya kita semua sama-sama belajar… Inilah nilai plus yg dimiliki blog mas Adit. Belajarnya jadi terasa mengasyikkan.
        Thanks mas Adit…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s