Murah itu Belum Tentu Hemat

https://adit38.files.wordpress.com/2010/12/logo-operator.gif?w=392&h=101

Tahukah kamu kalo Murah itu belum tentu Hemat?

Selama ini mungkin banyak yang menyangka kalo tarif telpon/sms/internet murah, pasti hemat. Tapi dalam beberapa kasus murah tersebut bukan jaminan hemat. Terutama jika kita memperhitungkan masa aktifnya juga.

Contohnya saya:
Beberap waktu lalu saya cukup mengeluarkan uang 10rb/bulan untuk XL saya, saya pasti bisa menggunakan sms/telpon selama sebulan dan pulsa terpakai tidak sampe 10rb dlm masa aktif tsb.
Tapi berhubung saya dipindahkan paksa  oleh xl, maka saya sekarang berada di paket as xtra  yang berdampak masa aktif yang lebih pendek , ya untuk aktif sebulan butuh pulsa 25rb. Memang sih paket kartu as xtra  telponya lebih murah 4x lipat dari paket saya sebelumnya, jika sebelumnya habis 10rb sebulan, skrg jadi cuma habis 2500 sebulan…., tapi pengeluaran pulsa saya jadi naek 2,5x lipat dalam sebulan. Nah ini contoh tarif makin murah tapi jadi lebih boros pengeluaran (murah tapi tidak hemat).

Berbeda dg kartu as saya, dulu waktu tarifnya 1000an/menit pengeluaran saya ga lebih dari 5rb/bulan, tapi setelah lbh murah 50x lipat jadi 20/menit  skrg sebulan pemakaian pulsa saya drastis turunnya, mungkin saja 5rb dalam setahun ga bakal habis juga (kartu as masa aktifnya selamanya).

Nah dalam 2 kasus saya diatas jelas memberikan gambaran kalo MURAH BELUM TENTU HEMAT .

Berikut masa aktif operator untuk sebulan (tolong koreksi jika salah).

GSM
Simpati 30rb aktif 30hr
Kartu As aktif selamanya
XL 25rb aktif 35hr
Mentari 20rb aktif 30hr
IM3 20rb aktif 30hr
Axis 10rb aktif 30hr
3 aktif selamanya
CDMA
Flexi 50rb aktif 30hr
Esia 25rb aktif 30hr
Starone 25rb aktif 30hr
Fren 25rb aktif 30hr
Hepi 25rb aktif 30hr
Smart aktif selamanya
Ceria 5rb aktif 30hr

Mmm…., saya pake XL sebagai no utama sejak 2003, jadi ya pasrah aja, lagian punya no As (sejak 2006), dan Three (sejak 2008) yang masa aktifnya selamanya plus no Axis (sejak 2008). CDMA ga pernah tertarik karena alasan masa aktif yang kebanyakan pendek2.

Tulisan dibuat via nokia e51

53 comments on “Murah itu Belum Tentu Hemat

  1. Kalau masa aktif xl makin pndek pulsa jadi numpuk,siasati aja dngn bagi pulsa, bgi pulsa 3000 hilang RP99 dpt masa aktif 3 hari,kalau beli dompet pulsa terus sedang pemakaian dikit pulsa makin menggunung bro.!!!!

  2. klo menrut mas adit, utk saat operator yg paling murah yg mana ya? baik utk pemakain sms, voice ato data? utk saat ini sy pake AS sm tree apakah pilihan sy sdh tepat?

  3. masa aktif selamanya dari 3 asal dalam periode 3 bln melakukan pemakaian pulsa utama min.1 rupiah 1x atau isi dgn nominal berapapun 1x maka masa aktif akan bertambah 3 bln begitu seterusnya voucher 3 bisa di isi mulai 1rb jadi dalam wkt 3 bln jika isi 1x dgn nominal 1rb sj masa aktif sudah bertambah 3 bln makanya masa aktif 3 di sebut selamanya

  4. Om adit, gue ganti nomor nih. Nomor im3 yang lama sudah ga dipake lagi. Sekarang gue pake no AS. Tapi lagi pengen nyoba 3 juga.

    Gue ga bisa sms nomor yang baru ke elo soalnya pulsa AS gue abis gara2 iklan brengsek telkomsel. Gue pencet “ok” pas ada popscreen. Sial!

    Ngomong2, versi 3 yang cocok buat gue yg sering buat sms yang mana ya? MU, super3, item atau putih?

  5. flexi nmnl 10rb ms aktif cm 7hr sy sdh confirm k cc-nya kl expired asal msh dlm jangka wkt 2 bln msh bs aktif kl d urus kl lwt ttp g bs aktif lg walaupun d urus ke kantornya

  6. Dalam menanggapi masalah tarif murah kita perlu bijak. Karena pada hakekatnya semua perusahaan ingin meraih keuntungan dari bisnis berbasis kartu gsm. Urain ini saya beri nilai 9 sob

Tinggalkan Balasan

