Nokia 1616 | Ponsel Murah Dengan Fitur Manajemen Keuangan

Seorang sahabat di kampung bertanya ponsel apa yang cocok buat dia, dia mengatakan dananya cuma 500rb rupiah. Melihat pekerjaannya adalah ibu rumah tangga, tidak pernah menggunakan ponsel sebelumnya, tinggal didaerah yang agak kering (jadi berdebu), dan pastinya rajin kena pemadaman listrik. Sempat berpikir antara memilihkan Nokia 1280, tapi akhirnya saya memutuskan ponsel yang paling tepat adalah Nokia 1616 seharga 325rb (19 Mei 2010 di Mataram).

Kenapa saya memilihkan Nokia 1616:

  • Teman saya pemula, jika dibelikan ponsel yang canggihan paling mubazir, mending beli yang sesuai kebutuhan (sms dan telpon).
  • Tinggal di daerah berdebu, maka ponsel anti debu palig pas untuk masalah ini
  • Sering kena pemadaman listrik, jadi ponsel dengan fiur senter adalah esensial
  • Pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga menyebabkan sahabat saya senang karena ponselnya ada catatan belanjanya

Langsung aja deh ke reviewnya…

BOX

Daleman box ponsel ini sangat sederhana, cuma ada charger, tentu saya tidak bisa mengharapkan banyak masalah ini.

DESAIN


Desainnya simpel, keypad lumayan enak, tidak seenak nokia 1202 saya sih, tapi jauh lebih enak dari Nokia n82 saya yang super canggih.

Dari desain memang 1616 lebih bongsor ketimbang 1202, tapi saya yakin desain 1616 lebih cantik dari 1202 maupun 1280.

Sama-sama tipis dibandingkan dengan 1202, tapi nokia 1202 tampak lebih lebar dari Nokia 1616. Satu perbedaan mencolok dari 1616 adalah jack audio 3,5 mili….., tinggal colok di speaker aktif sahabat saya, maka radio pun bisa didengarkan dengan suara lebih baik.

BATRE

Batre Nokia 1616 hanya 800 mAh tapi daya tahannya luar biasa, sejak full charge pertama tidak berkurang satu bar pun sampai 5 hari pemakean, tapi pemakeannya dibawah standar sih, saya perkirakan kalo dipakai sahabat saya mungkin bisa sampai 2 minggu sekali ngecasnya.

MENU

Menu Nokia 1616 sangat sedehana, icon dalam mode grid 3×3

Pada submenu message yang menarik adanya screened message, dimana kita bisa memfilter sms dari nomer-nomer yang kita anggap mengganggu.

Pada contactnya ada pilihan no. screening, yang mana bisa memfilter nomer-nomer telpon dari nomer yang kita anggap mengganggu.

Pada menu setting ada fitur cost setting, yang mana bisa mengatur biaya telpon kita, sangat berguna buat yang punya anggaran pulsa mepet.

Ada 3 buah game sekedar untuk membunuh waktu.

Nah spreadsheet adalah aplikasi manajemen belanja yang saya singgung di awal

Tampilan fitur manajemen belanja bisa dilihat pada gambar diatas, jenis-jenis pengeluaran bisa ditambahkan sendiri.

SENTER

Senternya cukup terang, walaupun kalah dibanding led nokia n70, tapi senter Nokia 1616 (yang saya pegang) kuat semalam suntuk dinyalakan non stop, seperti Nokia 1202 saya. Fitur yang sangat berguna di daerah yang suka dipadamkan PLN.

KESIMPULAN

Nokia 1616 adalah ponsel murah buat pemula, cocok juga buat ponsel kedua. Jika kebutuhanmu sama seperti sahabat saya diatas, maka nokia 1616 sangat layak menjadi pilihan. Fitur radio FM walaupun sangat standar bisa menjadi solusi hiburan mu, apalagi jack audio 3,5mm bisa membuat radiomu bisa berkolaborasi dengan speaker aktif dirumahmu.

Oya…., karena ponsel ini berfitur mirip dengan nokia 1202, maka secara relatif ponsel ini bisa loh lebih canggih ketimbang N-Series atau E-Series Nokia laennya…, baca kenapanya disini: Nokia 1202 vs Nokia N82

Iklan

25 comments on “Nokia 1616 | Ponsel Murah Dengan Fitur Manajemen Keuangan

  1. Kalo menurut mas adit, nokia seri C, E, X Dan seri N yg harganya paling mahal dr semua seri itu tingkatan dan kualitas fiturnya tinggian mana? Krn pengalaman sy nokia seri E tdk mampu diupgrade ke seri N dlm hal kualitas audio mp3nya krn mencakup hardware yg tdk ada speaker stereonya. Tp seri N mampu di jadikan seri E setelah dihack bisa quick office yg full edit tnp beli lisensi. Ada pendapat mas adit? Gm? Thx

    • Relatif sekali mas. Seri N jg tdk bs diupgrade batre dan keypadnya sebaik seri E. Jadi masing2 seri ada kelebihannya. Makanya sy punya seri n, e, x dan c saat ini.

  2. Nokia X6 Trnyt g ada eksternal memorinya. Mending N97 atao yg N97 sekalian. Meskipun X6 Player musiknya udh sm sebagus dg seri N, tp mnrt sy fitur2 yg lain mgkn jauh lebih baik di N97 Meskipun sy jg lum prnh pegang. Satu lg, 5800 yg 3,2 mpx hasil kamera outdor dlm warna dan noise masih kalah jauh jg dibanding N78 Yg kedua seri tsb sama2 menggunakan lensa zeis. Di N78 tmn sy gambar isa tajem bgt g spt di 5800. Tentunya stelah dibuka di PC. Kalo mnrt mas adit gm dg hasil di semua ponsel mas?

  3. Iya tu, kamera N73 itu jg top abis stelah kamera N82. ap lg buat malem jg top dah N73. tp lemotnya itu….
    Kalo mnrt sy meskipun sama2 3,2mpx ato 5 mpx dg carl zeis, kamera seri N itu lensa utamanya lbh besar drpd seri yg lainya. Itu lo,lensa yg brada paling ditengah bila diliat dr segala arah keluar semburat warna2 spt lensa kacamata. Coba mas adit liat dan bandingin dah. Tp itu baru menurut survei sy di nokia 5800,N78,N73 Yg sm2 3.2mpx. 5800 trny lensanya kecil skali g spt N78/N73. Kalo di N82 Ma 6220 yg jg sm 5mpx sy lum tau.

    • N82 adalah ponsek kamera dgn lensa terbesar sampai saat ini, setara satio, bahkan lbh besar dari vivaz. N8 lah yg akan memecahkan rekor terbesar.

  4. Gtu aj kok repot. Udh kalo mo yg jaminan musik+kameranya top. Beli aj seri N. slain N97 Second jg msh bnyk kok. Dijamin dah km g bakal nyesel beli seri N. Ntar player musiknya ditambah dg TTPOD 3.70 yg udh mendukung 3D enviroment mantap bgt efek 3D nya. Jaminan player musik bawaan g ada apa2nya, bass nya nendang,lembut dan suround bgt. hape yg lain bakal kalah dlm suara efek 3D nya,

  5. Tp jangan N73 Yaw, itu uzur bgt make TTPOD 3.70 g mendukung 3D Walopun isa jg muter mp3. Saran sy beli seri N82 ato seri N yg thn 2008 keatas yg lum ktinggalan jaoh dlm fitur, misal 78,79,85 dan 97. Hehe

  6. Semakin besar lensa gambar akan semakin bagus. Bkn karna megapixel nya walopun megapixel jg mempengaruhi. Bandingin aja ma DSLR digital low end yg rata2 cm 10mpx. DSLR kan lensanya segede bola kasti. Kalo dihape brp persen nya tu? Blm lg zoom opticalnya.g heran jg DSLR yg buat motret sepak bola plus dg lensa zoom nya it harganya isa mcp 300jt an. Dpt mobil 1 ntu. Hehehe

  7. Ping-balik: nokia 1202 « Эхо блогосферы

  8. Ping-balik: Hape Impian Saya Akhirnya Terbeli Juga | Blognya Adit38

  9. Assalamualaikum.

    Mas,
    saya pernah punya hp nokia c1 01, ada aplikasi management keuanganya, karna hpnya rusak, saya ganti nokia x2 02. Tapi tidak ada aplikasi managemen keuanganya mas, saya sudah browsing, tapi tidak ketemu” aplikasinya.. Saya mau download…

    Mungkin ada saran, mas?
    Terimakasih,.

    Beritahu saya lewat twitter, @mas_agusst

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s