Adu Dua Ponsel Bisnis Murah : Nokia E63 vs Blackberry Curve 8320

Nokia E63 dan Blackberry Curve 8320 adalah dua ponsel bisnis yang sangat terjangkau untuk saat ini, bahkan bisa dibilang murah. Banyak saya temui orang sedang bingung memilih diantara kedua ponsel ini, dan tidak ketinggalan pengunjung blog saya meminta pertimbangan saya via komentar, email maupun sms.

MANA YANG TERBAIK ?

Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit, saya pastikan mana yang lebih baik berbeda untuk setiap orang. Tapi saya akan coba membahasnya berhubung berkesempatan memakai kedua ponsel ini dengan tangan sendiri (ga lama sih…, tapi lumayan lah)

DIMENSI
Nokia E63 mempunyai ukuran 113x59x13mm, sementara Curve 8320 107x60x15,5mm, disini bisa dilihat bahwa jika kamu lebih menyukai ponsel tipis, maka E63 adalah pilihannya, tapi jika kamu lebih suka desain yang mungil, maka Curve adalah pilihannya. Curve 8320 memiliki massa yang lebih ringan ketimbang E63 (111gram vs 126 gram), tidak signifikan ditangan saya.

LAYAR
Sebenarnya resolusi layar sam saja (QVGA), tapi curve lebih luas layarnya ketimbang E63 (2,5 inci vs 2,38 inci), tapi kedalaman warna E63 mencapai 16 juta warna, sementara Curve 8320 hanya 65 ribu warna, berdasarkan spesifikasi tersebut mustinya E63 tampil lebih jernih layarnya, tapi dimata saya tidak terlihat perbedaan signifikan alias setara, sebagai referensi lain 2 teman saya mengatakan layar E63 terlihat lebih jernih.


dua ponsel bisnis yang sangat terjangkau

INPUT
Sama-sama mengusung keypad QWERTY, kenyamanan mengetik sama saja, walaupun E63 punya bidanag QWERTY lebih luas tapi tombolnya berdempetan, sementara di curve 8320 lebih renggang, jadi overall saya merasa seimbang. Tapi masalah tombol navigasi, E63 hanya DPAD, sementara Blackberry sudah trackball, entah kenapa saya lebih menyukai memakai DPAD nokia E63, tapi ini terus terang subjektif (karena saya biasa pake DPAD), tapi sebagai referensi, 2 teman saya lebih menyukai trackball Curve 8320.

AUDIO
Menikmati musik di kedua ponsel ini bukanlah pilihan terbaik, tapi ditelinga saya sudah sangat cukup, apalagi sama-sama didukung jack audio 3,5 inci. Perbedaan kualitas audio tidak saya temukan, saya merasa sama baik, tapi 2 teman saya mengatakan audio E63 sedkit lebih baik. Tapi percayalah di telinga saya sama saja, andai memang berbeda, saya yakin tidak signifikan.

MEMORY
Memori internal E63 120 MB, sementara Curve 8320 hanya 64 MB, apalagi maksimal memori external yang didukung (rekomendasi pabrik) adalah 16 GB untuk E63 dan 4 GB untuk Curve 8320. Jadi kalo kamu hobi nyimpen banyak lagu, E63 mungkin lebih baik. Tapi bagi saya pribadi ga penting, wong memori 2 Gb di Nokia N82 saya cuma terisi 500 Mb saja. So it up to you…

INTERNET
Nah ini lagi-lagi terjadi perbedaan signifikan, dimana E63 mendukung kecepatan 3G, sementara Curve hanya terbatas di 2G, bagi kamu yang berada di zona 3G pasti lebih terpuaskan dengan kecepatan yang ditawarkan E63. Tapi jika kamu hanya internet di ponsel, perbedaan ini tidak signifikan (saya saja punya 2 hape HSDPA selalu internet pake GPRS). Khusus Blackberry Curve 8320, saya dengar tidak bisa dijadikan modem untuk laptop, so… itu mungkin bisa mengecewakanmu. Kelas GPRS dan EDGE E63 juga unggul dengan class 32 sementara Curve 8320 hanya class 12 (tapi ini ga signifikan). Kedua ponsel mendukung wifi jika kamu ingin internetan di zona hotspot.

KAMERA
Sama-sama berkekuatan 2 megapixel dan dilengkapi lampu LED, hasil fotonya sama buruknya, tidak saya rekomendasikan untuk jeprat-jepret yang serius ataupun agak serius, tapi tentunya kamu tidak membeli kedua ponsel ini karena alasan kamera bukan? Sementara itu rekaman video E63 lebih baik dari Curve 8320 .(320×240 @15fps vs 240×180 @15fps). Keduanya tanpa kamera kedua untuk video call, tapi E63 tetap bisa dipakai untuk video call satu arah.


E63 lebih tipis ketimbang Curve 8320

SISTEM OPERASI
E63 memakai OS Symbian sementara Curve memakai OS Blackberry, dari segi hardware pendukung sistem operasi, processor E63 berkecepatan 369 Mhz sementara Curve 8320 312 MHz, kesannya E63 lebih kencang, tapi di ponsel yang saya uji sama saja cepatnya.

HIBURAN
Fasilitas hiburan kedua ponsel sama lengkap, tapi pembedanya ada pada Radio FM, dimana seperti Blackberry lain, Curve 8320 tidak ada radio FMnya.

OFFICE
Kedianya mendukung editing dokumen (word, excell dan powerpoint), hanya E63 musti diupgrade manual.

BATRE
Kali ini cuma saya bandingkan di jaringan 2G yah, waktu siaga E63 sampai 480 jam sementara Curve maksimal hingga 408 jam, sementara waktu bicaranya E63 sampai 11 jam, Curve hanya 4 jam. Disisi ini memang Curve ketinggaln dari Nokia. Untuk daya tahan batre memutar musik E63 diklain bisa memutar musik 18 jam non stop sementara Curve tidak punya data (saya khawatir tidak disebutkan karena tidak bisa dibanggakan). Masalah daya tahan batre untuk internetan, banyak yang mengklaim Curve jagonya, dan banyak kesaksian bahwa E63 cepat loyo batrenya untuk internetan….., tapi saya dapatkan informasi yang lebih berbobot di forum ponsel, E63 lebih awet batrenya untuk internetan !! Kebanyakan orang membandingkannya tidak fair, sangat wajar batre E63 loyo dibanding curve karena E63 tidak diset bekertja di 2G only saat diadu dengan curve, dan itu perbandingan yang tidak fair.

LAIN-LAIN
Sebenarnya yang paling oke dari Curve 8320 adalah push email dan facebook-annya, kedua hal itu sangat nyaman bekerja di Curve 8320 yang saya rasa belum bisa ditandingi oleh E63.

KESIMPULAN

Kalo liat fitur, E63 jelas unggul di kecepatan internet, daya tahan batre, memory, rekam video dan radio FM. Jadi jika kamu mengharapkan ponsel dengan fitur umum lebih baik, E63 adalah pilihannya, sementara jika mencari yang lebih nyaman push email dan facebook-an-nya, Curve 8320 adalah pilihannya. Jika cari ponsel yang lebih bergengsi, blackberry Curve 8320 adalah pilihannya, sementara jika mencari ponsel yang lebih value maka pilihannya jatuh pada E63 (E63 lebih murah sektar setengah juta). Jadi mana yang terbaik tergantung kebutuhanmu oke….


Kalo cuma keren-kerenan, hape cina XP 9600 (tengah) saya juga ga kalah keren

PILIHAN SAYA

Kalau saya pilihannya pasti jatuh pada E63, karena saya tipe orang ga punya duit, toh E63 lebih mantap fiturnya dengan harga murahan, apalagi beli Curve 8320 kena BIS ama BES yang amit-amit langganan sebulannya (tanpa itu facebook dan pushemailnya jadi ilang dong), apalagi para internet mania yang hobi internet gratis (Baca: Fenomena Internet Gratis), tidak bisa gratisan di Curve 8320. Kalo mau adu keren, toh XP 9600 saya ga kalah keren desainnya (Baca: Review Exclusive XP 9600), dan fitur hiburannya jauh lebih lengkap ketimbang E63 ataupun BB Curve 8320. Tapi ya ini cuma menurut saya, tiap orang punya kebutuhan berbeda dan tidak bisa diseragamkan.

 

ARTIKEL TERKAIT PONSEL QWERTY

ARTIKEL REKOMENDASI LAINNYA

Iklan

130 comments on “Adu Dua Ponsel Bisnis Murah : Nokia E63 vs Blackberry Curve 8320

  1. Nokia mssanging aktif, padahal udah di set gsm only…tapi batre cuma kuat 1,5 hari….oh iya di blakang batre tertulis made in china tapi dapet garansi nokia indo 1 tahun.

  2. untuk E63 or bb?

    w lebih memilih bb soalnya lebih irit kita bandingkan saja w pake axis beli paket bb unlimeted 79 + dapet 83.30jam tlp mantap kan dan untuk sms kita bisa pake bbm jd gratis, jd bb lebih unggul dan irit dari hp nokia e63, untuk nokia e63 mis: sms sampe 100-150 1x sms kl kita kirim 100 x dalam 1 hari dah 10.000 dikalikan 30 hari dah berapa bayangkan mahalkan belum lg dibuat tlp, ditambah lg surfing internet berapa pasti tekor, sedangkan bb gratis dengan bbm, surfing internet dll,

    jd unggulan bb ga ada tandingannya kl ma tandingan .nokia itu lawannya sama SE, kl bb lawannya appel itu br benar, atau bb lawan android itu br benar secara teknologi bb lebih canggih dr nokia,se,seamen, dan hp cina

    secara keseluruhan w pilih bb, kl dibilang bb mahal itu bulsit “pembohong” makanya kenapa bb lebih berkembang karna operator menurunkan tarif bbnya makanya banyak yg berminat menggunakan bb,
    1 hal lg bb itu tidak akan kena virus dr internet soalnya setiap app yg kita jalankan difilter sama RIM dan di bb sendiri ada frewallnya yg bisa mencegah pencurian data atau kloning data bila kita hidupkan, kl misalnya kita kena virus langsung dr rim menghapus data yg terkena virus, w dah coba dengan virus koleksi w, w coba kirim ke bb w trus trus kita suru delet sesuai petunjuk dengan mudahnya.

    BLACKBERRY MANTAP LAH

    • Dengan modal 25rb internet unlimited 3 dan 10rb utk sms ke semua operator, jatuhnya lebih murah kan mas?? Lebih hemat 50%. Plus smsnya standar, ga hanya ke pengguna BB. Kalo mau irit ga perlu langganan sms, sms aja via web. Tanbah jauh lebih murah kan?

      • Betul Mas Adit, M3 aja setelah penggunaan 10 sms gratis 100 sms. Jelas kan mana yang lebih murah??
        Ane juga heran atas dasar pertimbangan apa Agan averro berkata “sms sampe 100-150 1x sms kl kita kirim 100 x dalam 1 hari dah 10.000 dikalikan 30 hari dah berapa bayangkan mahalkan”??
        Gak kebalik tuh?? 😀

    • BB lebih canggih dari Nokia ? wkwkwk kalo otak sempit jgn gaya seakan2 tau teknologi, N900 umur udah 1 tahun, tapi blom ada BB 1 pun yg mampu nyaingin kemampuan total N900, gw tunggu kapan BB bisa play Video Format AVI dengan resolusi D1 PAL maupun NTSC [tau gk lo resolusi D1 brp ? wkwkkw], sampe 2 tahun kedepan juga gua rasa blom bakal bisa BB puter itu file. 1 hal lagi yg gampang, nokia dari taun jebot dah isa Video Call melalu jaringan UMTS, sedangkan BB ? gimana mau Video Call UMTS camera aja cuma 1 wkwkwkw, BB jaringan 3G aja baru bisa, sedangkan Nokia dah dari jaman kuda lumping.

      emang lo biasa gunain BB buat apa si ? paling buka Facebook, twitter, SMSan trus begitu doang udah lo bilang canggih ? wwkwkkw kek kodok dalam tempurung lo.

      Pengguna BB kena virus Monkey See Monkey Do
      the question is : Are You A Monkey ?

      • sebelum di tegor sama yg punya blog hehe saya minta maaf mas adit kalo komen saya terkesan kasar, soalnya saya benar2 gk terima kalo di bilang Nokia kalah canggih sama BB, kalo dia bilang BB lebih gaya dari Nokia saya masi bisa terima, komen dia yg mengatakan BB lebih canggih daripada Nokia terkesan seperti anak SD yg sok sedang ngajari anak SMA.

        kalau saya bilang Ampere dan Volt itu sama apakah mas adit bisa menerimanya ?, pasti gk kan, knp mas adit gk bisa menerimanya ? karna mas adit tau persis kalo Ampere dan Volt tidaklah sama. Begitu juga saya di bilang Nokia kalah canggih sama BB tidak bisa menerimanya, karena saya tau persis apa yang BB bisa lakukan sampai detik ini dan apa yang Nokia bisa lakukan sampai detik ini.

        tq sebelumnya.

  3. Ping-balik: Pakai BB Lebih Hemat dari Nokia? Lagi-lagi Masalah Nokia vs BB « Blognya Adit38

  4. saya sih suka sama bb mas coz keliatannya lebih gaya apalagi kalo pke tipe 9700 tapi kalo kegunaan mending nokia sih.. klo bbm uda 10rb sebulan kaya smsan pke 3 baru deh saya ganti bb haha..

  5. Si pengguna bb yg komplain diatas Tidak MEMAHAMI Isi postingan pak adit kayaknya,,, jelas2 ditulis compare alias perbandingan, BB is Good,nokia is good enough,, sama2 bagus tapi kalo fitur tergantung yg makai..

  6. ayo2,protes semuanya soal postingan di blog ini,tinggal tunggu tanggal mainnya aja,RIM,mw ikut peraturan di Indonesia apa g?kalo g mau,mati kutu yg pake BB,g bisa surfing lg,tp fasilitas BBM, sm facebook mobilenya masih bisa…BB g bisa browsing internet??sama ja kyk hape platform java

  7. saya dulu makai BB 8320..skrg udah rusak,,penyakit BB ini mic dengan IC audio,,udah di ganti2 gak pernah bisa benar,,akhirnya saya jual dengan harga 350 rb,,rugi dah..suku cadangnya susah bgt,,skrg sy makai e 63,,kelebuhan BB emang BBM-an yg gak ada sama e 63..cuma BB fitur2 nya sangat miskin kualitas,,ex:video,musik,dll

  8. i love e63。。
    i name it。。 my lovely e63。。

    e63 gw ga kalah hebat nya dg BB tp sayang。。 kekurangan nya cm 1。。 ga bs bbm 😦

  9. mas adit mau tnya donk… kalo saya ganti hp bb curve 8320 kira2 bgus gak??? trus tingkat ke awetan nya gimana???
    balasan nya ya mas… thanks..

  10. sampe detik ini masih bandingin E63,E71,BB 8320.cenderubg ke E 63 seh.harga sekarang berapa sih?maklum kantong cekak.
    matur tengkyu

  11. mas adit saya mau tanya niiihh,, mank lok pakek BB tu gk bisa pa lok cm pakek pulsa utama biasa?? apa kita harus berlangganan seperti yg di bilang mas adit di atas??? “( apalagi beli Curve 8320 kena BIS ama BES yang amit-amit langganan sebulannya (tanpa itu facebook dan pushemailnya jadi ilang dong), ” …..????

  12. hhahaha…mau BB yg seri apa dah,’my lovely EGE’ is the winner pokoknya.Kalah semua apa tu hape Bahan Bakar Minyak?Enaknya dibuat bahan bakar buat masak kali ya si ‘BB’ tu?wkwkwk.
    Coba bayangin,pake’ EGE gw sebulan cm ngabisin EGE full servis bt tlpn,sms,internet semuntahnya(opmin handler&operator m3).coba lok BB?hoaakzz!gak bisa tu nyaingin keiritan yg dibuat ma fasilitas EGE.Lok mw nembus BBM,pke’ whatzup selesai tu mslh.Lok EGE sih emg kalahnya ma nokia2 yg seri baru(gw akuin ntu),tp lok ma yg namanya BlackBerry mau yg seri strom 100 dah,keok tu si BB ma sang juara ‘E63’.Glory for E63!!!!

  13. hhahaha…mau BB yg seri apa dah,’my lovely
    EGE’ is the winner pokoknya.Kalah semua apa tu
    hape Bahan Bakar Minyak?Enaknya dibuat bahan
    bakar buat masak kali ya si ‘BB’ tu?wkwkwk.
    Coba bayangin,pake’ EGE gw sebulan cm ngabisin
    10ribu rupiah buat EGE full servis bt tlpn,sms,internet semuntahnya
    (opmin handler&operator m3).coba lok BB?
    hoaakzz!gak bisa tu nyaingin keiritan yg dibuat ma
    fasilitas EGE.Lok mw nembus BBM,pke’ whatzup
    selesai tu mslh.Lok EGE sih emg kalahnya ma
    nokia2 yg seri baru(gw akuin ntu),tp lok ma yg
    namanya BlackBerry mau yg seri strom 100
    dah,keok tu si BB ma sang juara ‘E63′.Glory for
    E63!!!!

  14. EGE itu paling The Best dah.. Biar kata Jadul, tp di Jepang masih ada yang pake twuh walaupun orang pasar sekalian.. hohoho Daripada BB, gue diketawain pas tanya PIN BB Disana… hehehehe #PadahalKagakPunyaDuitBuatBeliBB Hahahaha

  15. Your blog is pretty cool to me and your topics are very relevant. I was browsing around and came across something you might find interesting. I was guilty of 3 of them with my sites. “99% of site owners are committing these 5 mistakes”. http://is.gd/8kynyd You will be suprised how simple they are to fix.

  16. Sebenarnya yang jadi masalah bukan di push mail’nya, tetapi pengelompokan semua data menjadi 1 dalam 1 handled…

    Ini masih belum dibahas sama TS. Cuman memang pada saat itu BB os 4-5 belum menyediakan. Sekarang saya menggunakan BB OS 6 Onyx 2 bekas CC saya dan rasanya bagus, fine saja sampai saya menemukan kelemahan selama ini saya cari yang tidak ada di Nokia, pengelompokan data pesan, email, chat, tugas dan kalendar dalam 1 aplikasi dan saling sikron. Nokia ga bisa lakukan itu, saya pakai E63 selama 5 tahun dan ga nemukan kelebihan itu, setelah itu upgrade ke E75 pun sama, cuman push mail terobati, hanya nokia pull mail (Bukan Push Ya) yang bawaan tanpa nokia mesejing (bahasa malay, males nulis inggrisnya) tetap baik di nokia E63 dan aku prefer nokia E63 kalau masalah push mail, hanya kalau email berjibun tiap hari, i think BB is the best, karena kalau search dan pengelompokan BB signifikan dibanding E63. Ya symbian tidak dikembangkan lagi, sayangnya itu -___-, cuman aku rasa aku tetep nyaman dengan E63, E75 Onyx 2. They’re the best, walau sesekali melirik robot ijo, cuman dalam hati aku mengingatkan, “Smartphone yang aku pakai cukup kok dengan apa kebutuhanku, so i think it’s enough, untuk 5-6 tahun kedepan masih bagus sih, dan simple, ga ribet :)”

    Salam buat semua pengguna smartphone and no wars please on coment. #beOpenMinded bro!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s